Jumat, 06 Februari 2009

Perancangan SIM Peminjaman Alat

3.2. Tahap Perancangan
3.2.1. Perancangan Sistem
DFD Level 0

DFD Level 1



Asumsi Pada Level 1
Dosen selaku peminjam alat mengajukan permohonan peminjaman ke bagian peminjaman alat. Bagian peminjaman alat melakukan entry data peminjaman pada komputer yang terhubung dengan sistem informasi peminjaman alat dan mengecek ketersediaan alat. Bila alat yang ingin dipinjam tidak ada, maka disampaikan ke peminjam. Bila alat tersebut ada, maka dengan mempertimbangkan kondisinya, alat dapat dipinjamkan ke peminjam setelah peminjaman yang terjadi dientry dan datanya disimpan pada proses data storage di bagian peminjaman alat. Setelah selesai masa peminjaman yang ditetapkan, maka dosen mengembalikan alat dan proses pengembalian ini dientry untuk menyelesaikan peminjaman alat.

DFD Level 2-1


Asumsi Pada Level 2 Untuk 1
Pada DFD ini digambarkan secara khusus proses permohonan peminjaman alat. Dosen mengajukan permohonan peminjaman ke bagian peminjaman alat. Permohonan peminjaman alat tersebut dientry oleh petugas di bagian peminjaman alat ke komputer. Untuk mencegah terkendalanya pencarian ketersedian alat, maka data permohonan peminjaman tersebut disave. Data Storage pada proses ini perlu dilakukan sebagai referensi informasi untuk mengadakan alat yang sering dipinjam dan dibutuhkan.

DFD Level 2-2

Asumsi Pada Level 2 Untuk 2
Setelah proses permohonan peminjaman alat dilaksanakan, maka dilanjutkan dengan proses pengecekan ketersediaan alat. Bila alat yang ingin dipinjam tidak ada, maka segera disampaikan kepada peminjam dengan alasan yang didasarkan pada informasi yang diperoleh. Bila alat tersebut ada, maka perlu dicari lagi informasi mengenai kondisi alat. Bila alat dalam kondisi rusak dan hanya tersedia satu-satunya, maka disampaikan informasinya kepada peminjam agar penolakan peminjaman dapat dimaklumi. Hal ini perlu diperhatikan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah pada alat. Bila tersedia cadangan alat yang kondisinya baik, maka atas kesepakatan antara peminjam dan bagian peminjaman alat, cadangan itu disetujui untuk dipinjamkan. Bila kondisi alat baik, maka peminjaman dapat langsung disetujui. Proses peminjaman dientry dan disimpan pada data storage di bagian peminjaman alat.



DFD Level 2-3
Asumsi Pada Level 2 Untuk 3
Setelah masa peminjaman alat yang ditentukan selesai, maka dosen selaku peminjam mengembalikan alat. Bagian peminjaman alat menerima dan memeriksa kondisi alat sesudah dan sebelum dipinjamkan, terutama dari segi kelengkapan alat. Data pengembalian alat dientry dan disimpan pada data storage di bagian peminjaman alat sebagai informasi bagi peminjaman alat yang serupa di lain waktu.

ERD (Entity Relationship Diagram)

















Table 1. Dosen Pengajar.
Untuk dosen pengajar, informasi yang perlu dilampirkan adalah NIP, Nama Dosen, Mata Kuliah yang dibawakan, Alamat, Nomor Telepon. Untuk NIP, Nama Dosen, merupakan identitas yang akan mengikat peminjam secara spesifik. Mata kuliah yang dibawakan akan menjadi acuan untuk menentukan lamanya peminjaman alat. Alamat dan Nomor Telepon akan menjadi informasi tambahan bila ada hal-hal berkaitan peminjaman yang harus dikonfirmasi bila dosen berada di luar lingkungan institusi.






Table 2. Bagian Peminjaman Alat.
Tabel bagian peminjaman alat ini menyajikan informasi yang memuat NIP, Nomor ID, Nama, Jabatan dari petugas yang bertugas pada setiap peminjaman alat. Informasi Jurusan menunjukkan bahwa Sistem Informasi Manajemen yang dijalankan tersebut diperuntukkan bagi Bagian Peminjaman Alat Jurusan Administrasi Niaga. Dan Shift menunjukkan pembagian jadwal petugas yang bersangkutan.








Table 3. Bagian Peminjaman Alat.
Tabel mata kuliah ini memuat informasi yang menjabarkan identitas tentang mata kuliah yang berkaitan dengan peminjaman alat, di mana peminjaman alat dilakukan diperuntukkan untuk mata kuliah tersebut. Identitas yang perlu dilampirkan sehubungan dengan mata kuliah tersebut adalah Program, Jurusan, Materi Kuliah, serta peng-kode-an mata kuliah.














Table 4. Alat.
Tabel alat ini menjabarkan informasi dari alat yang dipinjam, yang memuat Nomor Inventaris Alat, Nama Alat, Keperluan Peminjaman, Ketersediaan Unit, Tanggal dan Jam Peminjaman, Lama Peminjaman, Tanggal dan Jam Peminjaman, dan Kondisi Alat.

Tidak ada komentar: